Untuk Like, Share Colokgas Facebook Page, Silakan Scrool ke Akhir Blog. Terima Kasih

Tutorial Cara Buat Installer Windows Vista / 7 / 8 Di Flashdisk

Share on :

imagesKali ini kita akan mencoba membuat tutorial “Installer Windows Vista, 7 & 8 di Flashdisk” Kali ini kita akan memanfaatkan perintah “diskpart” yang ada di Command Prompt windows.

Install windows 7 melalui Flashdisk menggunakan Diskpart- Banyak cara yang dapat dilakukan untuk install windows 7 menggunakan flashdisk.  Kali ini saya akan coba share bagaimana install Windows 7 lewat flashdisk menggunakan diskpart. Diskpart merupakan salah satu utility dari windows 7/vista, jadi melalui diskpart ini kamu dapat membuat installer windows 7 menggunakan flashdisk. Cara ini terbilang mudah dan simple, kamu cuma butuh teliti saat memilih disk yang akan dijadikan installer windows, pilihlah disk flashdisk, jangan sampai memiliki hardisk karena semua data kamu bisa hilang .

Install windows 7 lewat flashdisk menggunakan diskpart sangat mudah, tanpa menggunakan software dari luar jadi cara ini lebih aman tentunya.  Yang dibutuhkan untuk membuat installer windows 7 pada flashdisk adalah kamu harus menggunakan flashdisk minimal 4 Gb, karena installer windows 7 memiliki kapasitas sekitar 2,4 Gb. Jadi langsung saja, bagi kalian yang ingin membuat installer windows 7 di flashdisk menggunakan diskpart, ikuti langkah-langkah di bawah ini :

Peralatan yang dibutuhkan :

1. PC yang terinstall Windows Vista / 7.
2. USB flash disk 4 GB.
3. CD instalasi Windows Vista / 7.

Langkah Pembuatan: Pada Windows Vista / Windows 7, masuk ke mode Command Prompt yang ada di windows lalu ketikan urutan perintah berikut ini.

1. Ketikkan diskpart

dp1

2. lalu ketikkan DISKPART> list disk

dp2

3. DISKPART> select disk 1
4. DISKPART> clean
5. DISKPART> create partition primary
6. DISKPART> select partition 1
7. DISKPART> active
8. DISKPART> format fs=ntfs quick
9. DISKPART> assign
10. DISKPART> exit

Hati-hati saat menggunakan perintah Select Disk, pastikan bahwa Disk yang terpilih adalah Flashdisk yang akan digunakan. Sampai tahap ini Flashdisk telah memiliki file system NTFS dan sudah berada dalam kondisi bootable.

Nah sekarang kita tinggal memasukan file insatalasi ke Flashdisk Cara yang paling cepat dan aman adalah lewat Command Prompt. Masukkan CD Istallasi Windows Vista / 7, Kemudian Masuk ke Command Prompt Ketik :

xcopy F:\*.* /s/e/f H:\

Dimana ” F ” adalah letak file yang akan kita copy yaitu CD Istallasi Windows Vista / 7, Dan ” H ” adalah tempat hasil Copyan CD Istallasi Windows Vista / 7 yaitu Flashdisk, ” F ” Bisa berbeda – beda antara kompi yag satu dengan yang lain. Bisa di E/F/G/H dll, tergantung di mana letak “CD Drive” anda. Termasuk letak Flashdisk.

Tunggu hingga prosess pengcopyan selesai. Sampai disini anda telah berhasil membuat install windows Vista atau 7 dengan flashdisk, tetapi belum melakukan pembuatan supaya bisa booting dari Flashdisk. Untuk peritah pembuatan booting dengan Flashdisk ketikkan perintah berikut :

Masuk ke Command Prompt.

Ketikkan : f: cd boot bootsect /nt60 f: Ket : ” f ” adalah letak drive Flashdisk. Tunggu proses hingga selesai.

Selamat mencoba & Semoga Success…

Portal Statistik Ditulis Oleh : Rahmat Dian

Artikel Tutorial Cara Buat Installer Windows Vista / 7 / 8 Di Flashdisk , diterbitkan oleh DangDian pada hari 5 Jan 2016 . Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste / menyebar luaskan artikel ini, namun anda harus meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya.