Untuk Like, Share Colokgas Facebook Page, Silakan Scrool ke Akhir Blog. Terima Kasih

Cara Membuat Custom Font (.MTZ) Untuk MIUI

Share on :

mengganti-font-android

Bahan Yang Dibutuhkan :

  • Font (harus format yang .ttf). Jika format yang .otf, perlu menggunakan converter online untuk mengubahnya ke .ttf Format.
  • Winrar / Apa Ekstrak Utilitas
  • Notepad atau editor teks. (Saya menggunakan Notepad ++)
  • Folder MIUI Font Premade (Download : MIUI-Font.zip)

1. Font Rename

Seperti yang saya perhatikan, di MIUI mendapat 3 variasi font yang berbeda; regular, light, dan bold. dan banyak variasi lainnya, jika tidak mempunyai jenis-jenis ont lainnya, maka abaikan saja. Yang paling umum dalam MIUI mereka menggunakan Regular type.

Info : komputer kamu perlu menampilkan jenis exstensi file. Jadi, kamu perlu untuk menampilkannya.

Baca Juga :

Jadi, untuk untuk tutorial ini, saya akan menggunakan Font San Francisco dan untuk font ini, yang hanya memiliki 4 jenis font yaitu Regular, Thin, UltraLight dan Bold. Jadi, sekarang saya harus mengubah nama font tersebut. Saya menggunakan versi regular, bold, thin, dan ultralight. menjadi : "San Francisco-Bold.ttf" menjadi "Roboto-Bold.ttf", "San Francisco-Regular.ttf" menjadi "Roboto-Regular.ttf", “San Francisco-Thin.ttf” mejadi “Roboto-Thin.ttf”, dan “San Francisco-Ultralight.ttf” menjadi “Roboto-Ultralight.ttf”.

image Menjadi image

2. Create Folder

Extract hasil download tadi [MUIU-Font.zip] kedalam folder yang diinginkan, kira-kira seperti ini :

image

Sekarang buka folder “font” dan paste 4 file font ttf tadi. Lalu kembali ke awal hasil extract disitu ada file “description.xml". Buka menggunakan Notepad++ dengan cara klik kanan “edit with Notepad++”

image

Hati-hati dalam mengedit di dalamnya, edit seperlunya saja atau jika anda paham dengan apa yang anda ubah itu terserah anda.

image

Jadi pastikan :

<![CDATA[TEXT]]> has been write correctly.

Info : For <uiVersion>6</uiVersion> please follow this
MIUI 6 - 3
MIUI 7 - 4
MIUI 8 – 6

Setelah selesai, tekan Ctrl-S untuk menyimpannya, dan tutup editor teks Anda. Sekarang sebelum kita melanjutkan, Anda akan melihat ada folder "preview", itu adalah "tema pratinjau" gambar yang Anda lihat ketika browsing melalui tema pada ponsel Anda. Untuk keperluan proses ini, saya tidak akan mendokumentasikan bagaimana menggunakannya. Jadi mari kita abaikan bahwa untuk saat ini.

3. Create MTZ File

Sorot semua file seperti yang ditunjukkan, dan klik kanan file yang disorot sehingga kita dapat membuat arsip. Saya menggunakan WinRAR untuk tutorial ini.

image

Klik “Add archive”. Ketika jendela muncul, pilih "ZIP" bukan RAR, dan pastikan tingkat kompresi diatur ke "Store". Kompresi akan merusak font mtz:

image

Sekarang, setelah membuat arsip, kita perlu mengubah nama file tersebut menjadi extensi .mtz. Klik kanan filenya, dan klik "Rename". Hapus ".zip" dan anti menjadi ".mtz", sehingga tampak seperti gambar di bawah.

image      Menjadi    image

Tekan enter. Jika ada pop up peringatan muncul, dan mengatakan bahwa mengubah ekstensi file dapat membuat file tidak berguna. Cukup tekan "Ya".

Sekarang anda sudah bisa membuat file MTZ font untuk posel anda. Tinggal transfer ke ponsel dan install/import melalui theme ponsel anda.

Source : http://en.miui.com/thread-111011-1-1.html

Portal Statistik Ditulis Oleh : Rahmat Dian

Artikel Cara Membuat Custom Font (.MTZ) Untuk MIUI , diterbitkan oleh DangDian pada hari 18 Agu 2016 . Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste / menyebar luaskan artikel ini, namun anda harus meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya.