Untuk Like, Share Colokgas Facebook Page, Silakan Scrool ke Akhir Blog. Terima Kasih

Cara Menampilkan Lirik di Aplikasi Music Android

Share on :

lirik lagu

Banyak yang menanyakan, bagaimana menampilkan lirik di aplikasi music android (jika support) terutama seperti aplikasi music di ponsel Xiaomi?. Sebenarnya di Playstore banyak aplikasi yang dapat menampilkan lirik dari sebuah lagu diantaranya Music Match, andLyrics, dll.

Jika di Music Match kita harus menggunakan koneksi internet untuk menampilkan lirik dari sebuah lagu, sedangkan dengan aplikasi andLyrics kita dapat mendownload lirik sebuah lagu dan nantinya kita dapat menampilkan lirik lagu tersebut, tetapi kadang-kadang lirik yang ditampilkan tidak sesuai dengan jalannya lagu, sehingga liriknya sudah berjalan sedangkan lagunya belum, untuk solusi seperti ini kita bisa membuat lirik lagu sendiri dengan mengsinkronkan antara lirik dan musik lagu tersebut, di aplikasi standar pemutaran music xiaomi lirik yang digunakan adalah file yang berekstensi *.lrc, untuk itu kita dapat membuat sendiri menggunakan aplikasi LRC Editor.

Cara menggunakan aplikasi LRC Editor sebagai berikut cara pembuatannya dan cara memasukkan ke dalam ponsel.

Bahan-bahan :

1. PC/Laptop
2. Aplikasi LRC Editor (download di akhir artikel)
3. Aplikasi Winamp (download di akhir artikel)
4. Lirik Lagu

Tutorial cara pembuatan liriknya seperti berikut :

1. Jalankan aplikasi winamp, masukkan lagu yang ingin kita buat liriknya.

image

Misalkan kita ingin membuat lirik lagu Freedy – Nanti, pertama cari terlebih dahulu lirik lagu tersebut yang bertebaran diinternet. setelah mendapatkan lirik yang sesuai dengan keinginan silahkan di salin terlebih dahulu di notepad seperti berikut :

image

Setelah kita edit lirik tersebut sedemikian rupa dengan menambahkan nama kita sebagai pembuatan lirik atau sebagai mana macam lainnya, setelah itu kita copy lirik yang sudah kita edit dan pastekan kembali ke aplikasi LRC Editor yang sudah di download terlebih dahulu. Kira2 penampakannya seperti berikut :

image

Isikan :
1 > Title Lagu
2 > Artis Lagu
3 > Album Lagu
4 > Bahasa yang digunakan
5 > Editor Lirik
6 > Offset (isikan saja dengan angka “0”)

Setelah semuanya siap, jalankan lagu yang ingin dibuat liriknya dengan menjalankan pertama kali di winamp, tetapi untuk selanjutnya lagu bisa dikontrol dengan tombol yang ada di aplikasi LRC Editor sebagai berikut :

image

Dan untuk menambahkan timer waktu untuk sinkronkan antara lirik dan lagu bisa menggunakan tombol berikut atau melalui shortcut yang ada di aplikasi

image 

image

Silakan sinkronkan antara Lagu dan liriknya, jika sudah selesai kira2 seperti berikut penampakannya :

image

Jika setelah selesai dibuat tinggal di “Save”, dan dimasukkan ke dalam ponsel, untuk disinkronkan ke lagu yang ada di ponsel.

image

image

Untuk di ponsel saya menggunakan aplikasi music ponsel xiaomi, berikut tutornya :

Buka Miui Music dan jalankan lagu yang ingin ditampilkan liriknya, setelah itu tekan tombol titik 3 di aplikasi music dan pilih “edit song info”

123

Browse ke tempat di mana kita menyimpan lirik yang telah kita buat tadi (ingat file berbentuk ekstensi .lrc), jika selesai maka lirik akan tampil di aplikasi pemutar music kita, tekan “OK” dan “OK” dan selesai.

456

Maka lirik akan tampil seperti berikut :

7

Demikian penjelasan saya tentang membuat lirik lagu sendiri menggunakan Aplikasi LRC Editor, semoga membantu dan jika ada penjelasan silakan tanyakan di FB Page Colokgas.

Download :

zip LRC Editor

zip Winamp 5.666

Portal Statistik Ditulis Oleh : Rahmat Dian

Artikel Cara Menampilkan Lirik di Aplikasi Music Android , diterbitkan oleh DangDian pada hari 29 Agu 2016 . Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste / menyebar luaskan artikel ini, namun anda harus meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya.