Untuk Like, Share Colokgas Facebook Page, Silakan Scrool ke Akhir Blog. Terima Kasih

Cara Disable/Enable Hard Keys dan Softkeys On-Screen Android

Share on :

Online-Bingo-Tips-or-Tricks

Sering kita lihat di layar HP android, baik Samsung, Oppo, Advan, atau pun lainnya yaitu 3 buah tombol atau softkey Recent, Home, dan Back. beberapa orang mencoba untuk menonaktifkan tombol Softkeys tersebut, karena ada yang menggunakan aplikasi lain yang kegunaannya hampir sama dg Softkeys misalnya Asistive Touch yang telah menyediakan shortcut pengganti tombol home, recent, dan back. atau ada juga yang ingin menonaktifkan tombol tersebut karena sering tersenggol saat main game, apalagi tombol Softkeys tersebut menggunakan layar sentuh tidak berupa tombol hardkeys.

SGGP_HKey1

Berikut ini Colokgas akan mencoba membagikan tutorial cara untuk menonaktifkan tombol softkeys untuk ponsel Samsung atau yang lainnya jika compertible. Untuk menjalankan Tutorial ini ponsel anda sudah dirooting dan mempunyai aplikasi ES File Explorer atau Root Explorer atau juga sejenisnya dengan mempunyai hak akses root.

Cara Mengaktifkan Softkeys
  1. Ponsel sudah dalam keadaan Rooting.
  2. Install File Explorer dengan mempunyai hak akses Root Permissions, anda bisa menggunakan aplikasi ES File Explorer Free.
  3. Open File Explorer, enable Root Access dan cari folder /system
  4. Scroll ke bawah maka anda akan melihat file build.prop, buka/edit file tersebut dan tambahkan baris berikut di bagian bawah file :
    qemu.hw.mainkeys=0
  5. Simpan file tersebut dan restart posel anda.

Screenshot :

SGGP_HKey2

(Optional) Cara Disable/Nonaktif Hardware Keys
  1. Buka aplikasi file explorer dengan akses root dan silahkan cari folder /system/usr/keylayout
  2. Selanjutnya, buka file Generic.kl dan silahkan cari baris berikut :
    key 158 BACK
    key 172 HOME
    key 254 APP_SWITCH
  3. Disini kita mencoba untuk menonaktifkan baris ini sehingga kita perlu menambahkan # di depan baris tersebut, seperti berikut :
    # key 158 BACK
    # key 172 HOME
    # key 254 APP_SWITCH
  4. Sekarang simpan file tersebut dan restart posel anda.

Tombol Hardware Back, Home, dan Recent sekarang sudah dinonaktifkan.

Screenshot :

SGGP_HKey1

Portal Statistik Ditulis Oleh : Rahmat Dian

Artikel Cara Disable/Enable Hard Keys dan Softkeys On-Screen Android , diterbitkan oleh DangDian pada hari 16 Mar 2016 . Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste / menyebar luaskan artikel ini, namun anda harus meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya.